Jumat, 06 November 2015

Etika Bisnis



Etika Periklanan
Pendahuluan
            Setiap produk yang dipasarkan oleh perussahaan untuk menarik para konsumen pasti akan dilakukan berbagai cara, salah satunya dengan iklan. Namun di era seperti ini banyak perusahaan yang melanggar etika periklanan sebagai contoh iklan fresh care dengan v fresh. Dalam iklan berceritakan artis tersebut yang sedang duduk di mobil lalu menceritakan biar badan tetap enak sebelum berpergian, naik motor oleskan fresh care 8 kali di leher dan badan. Bekerja diruang ac oles fresh care 8 kali, pegal- pegal dan sebelum tidur oles fresh care 8 kali. Lalu pada iklan v fresh yang menceritakan disebuah perjalanan ada mobil yang sedang melaju, ada seorang wanita yang sedang berada dimobil tersebut dan mengalami pusing dikepala dan tidak enak badan, lalu  wanita itu mengeluarkan v fresh dari tas nya lalu mengoleskan v fresh 3 kali di lehernya.

Teori
Pengertian Iklan
Periklanan merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat. Periklanan pada dasarnya adalah bagian dari kehidupan industri modern. Kehidupan dunia modern saat ini sangat tergantung pada iklan.

Tanpa iklan para produsen dan distributor tidak akan dapat menjual produknya, sedangkan disisi lain para pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai produk barang dan jasa yang tersedia di pasar. Apabila hal itu terjadi maka industri dan perekonomian modern pasti akan lumpuh. Apabila sebuah perusahaan ingin mempertahankan tingkat keuntungannya, maka ia harus melangsungkan kegiatan periklanan secara memadai dan terus-menerus.

Menurut M. Suyanto (2007: 143) mendefinisikan ”Periklanan adalah penggunaan media bauran oleh penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa atau pun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat”.

Peranan periklanan dalam pemasaran suatu produk adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan produk yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang produk yang ditawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut dan untuk membedakan diri perusahaan   satu dengan perusahaan yang lainnya.

Analisis
            Pada  cerita iklan tersebut maka terlihat persaingan. Arti persaingan disini adalah dimana suatu lokasi yang benar-benar sama di suatu mobil. Dan yang paling terlihat adalah yang v fresh dengan mengatakan 3 kali oles sedangkan fresh care 8 kali oles, seolah-olah v fresh lebih unggul dan hemat dari pada fresh care Seharusnya persaingan seperti ini jangan terlihat dalam ilustrasi karena konsumen berfikir bahwa ke dua produk ini saling bersaing dan saling menjatuhkan. Jadi seharusnya iklan tersebut jangan meniru tetapi saling mendukung.

Referensi

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com