Kamis, 04 Juni 2015

Perbedaan antara Skripsi, Tesis dan Disertasi



Perbedaan Umum antara Skripsi, Tesis dan Disertasi

Pengertian skripsi menurut Ndraha (1998) skripsi merupakan laporan pekerjaan lapangan dan membaca buku-buku untuk membentuk konsep baru yang meliputi fakta serta mengembangkan hipotesis antara variabel-variabel yang dijabarkan konsep tersebut.
Sedangkan pengertian tesis (thesis) menurut Ndraha (1998) tesis merupakan laporan yang sama seperti skripsi akan tetapi bertujuan untuk membangun teori baru atau mengembangkan teori lama.
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin Ilmu.
Karakteristik Disertasi
1.      Berfokus pada kajian mengenai salah satu disiplin Ilmu Pendidikan sesuai dengan bidang yang dipelajari.
2.      Kajian berfokus pada penemuan baru dalam disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam.
3.      Mengunakan data primer sebagai data utama, ditunjang oleh data sekunder apabila diperlukan.
4.      Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing.

Contoh skripsi :
ABSTRAKSI
Herman.11101801
Perancangan Website Sistem Informasi Lalu Lintas Kota Depok.
Jurnal skripsi. Fakultas Ilmu Komputer. Jurusan Sistem Informasi, 2005.
Kata kunci : Website, Sistem Informasi ,PHP, Kemacetan.

Perancangan website sistem informasi lalu lintas kota Depok ini dibuat dengan menggunakan software PHP dan Dreamveawer dan bertujuan untuk
memberikan informasi kepada para petugas lalu lintas dan pengguna jalan mengenai ruas jalan kota Depok terutama ruas jalan Margonda Raya yang mengalami kemacetan pada hari dan jam tertentu.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan pengumpulan data dari Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) kota Depok. Penulisan ini menjelaskan bahwa informasi yang disampaikan dapat diakses melalui media internet dalam bentuk peta dan basis data. Website sistem informasi lalu lintas kota Depok ini memberikan tampilan informasi yang cepat dan akurat mengenai ruas jalan kota Depok yang mengalami kemacetan terutama jalan Margonda Raya berdasarkan tingkat kejenuhan jalan. Dan diharapkan dapat membantu para petugas lalu lintas dan pengguna jalan untuk mengambil keputusan dalam mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas dan jalur alternatif lain yang dapat dilewati


Contoh Tesis :
ABSTRAK
Elly Yuswarini: Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X TI1 SMK Negeri
I Nglipar dengan Multimedia. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK Negeri I Nglipar yang diupayakan dengan menggunakan multimedia untuk menyajikan model bahasa penutur asli dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif dan partisipatif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. langkah masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai peserta adalah siswa kelas X TI 1 SMK Negeri I Nglipar tahun ajaran 2007/2008, dan guru pengajar bahasa Inggris di kelas XII sebagai kolaborator. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, teknik rekaman, angket dan tes. Keabsahan data diupayakan dengan triangulasi. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase hasil tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam menyajikan model bahasa penutur asli dapat membuat: (1) proses pembelajaran berbicara meningkat, yang ditandai oleh meningkatnya rasa percaya diri, suasana segar dan rileks, motivasi belajar, dan keberanian siswa untuk mempraktikkan bahasa Inggris dalam komunikasi interaktif sesuai tema; (2) keterampilan berbicara siswa meningkat, dibuktikan oleh meningkatnya kemampuan untuk menyampaikan pesan sederhana sehari-hari dalam kelas, dan didukung meningkatnya hasil tes keterampilan berbicara dari nilai rata-rata 43,38 (siklus 1), 51,19 (siklus 2), dan 65,52 (siklus 3).

Contoh Disertasi :
INTENSITAS ZIKIR, RELIGIUSITAS, MAKNA HIDUP DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING SANTRI SPIRITUAL TAREKAT NAQSABANDIYAH KHOLIDIYAH
Penulis
Saliyo
Pembimbing: Prof. Drs, Koentjoro MBSc, PhD; Drs.Subandi, MA, PhD
ABSTRACT : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pendidikan spiritual tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah dan pengaruh intensitas zikir yang dilaksanakan oleh santri spiritual tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah terhadap subjective well being dengan memperhatikan variabel religiusitas dan makna hidup. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods explanatori sekuensial. Subjek penelitian adalah pengikut tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah usia dewasa dan telah mengikuti selama dua tahun sebanyak 204 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi berganda linier untuk menguji peranan intensitas zikir, religiusitas, makna hidup dan subjective well being. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kehidupan santri spiritual ini, maka peneliti melakukan wawancara dengan 5 orang subjek anggota tarekat dan
ditambah informan kerabat subjek. Hasil analisis regresi berganda linear menunjukkan ada pengaruh secara bersama-sama dan mandiri antara intensitas zikir, religiusitas dan makna hidup terhadap subjective well being. Dari analisis selanjutnya diketahui bahwa makna hidup sebagai variabel mediator antara intensitas zikir, religiusitas terhadap subjective well being sesuai dengan pola model yang telah terbentuk berdasarkan teori. Data kualitatif yang ditemukan berkaitan dengan pendidikan spiritual dari tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah menunjukkan bahwa tarekat ini secara kognitif menekankan pengetahuan akhlak tasawuf, dan keutamaan berzikir. Aspek afektif menekankan kesabaran, rendah hati dan bersikap mulia. Aspek psikomotorik menekankan perilaku memperbanyak zikir, berpuasa sunah, sholat sunah, selalu terikat dengan wajah mursyid (robithoh) dan berakhlak mulia. Selanjutnya dari data analisis kualitatif terhadap 5 orang subjek menunjukkan bahwa amalan zikir tarekat memiliki dampak terhadap kesejahteraan psikologis.

Tabel Perbedaan Umum antara Skripsi, Tesis dan Disertasi












No
Aspek
Skripsi
Tesis
Disertasi
1
Jenjang
S1
S2
S3 (tertinggi)
2
Permasalahan
Di angkat dari pengalaman empiric dan  tidak mendalam
Diangkat dari pengalaman empirik dan teoritik, bersifat  mendalam
Diangkat dari kajian teoritik yang didukung fakta empiric yang bersifat sangat mendalam
3
Kemandirian penulis
60% peran penulis, 40% pembimbing
80% peran penulis, 20% pembimbing
90% peran penulis, 10% pembimbing
4
Bobot Ilmiah
Rendah – sedang
Sedang – tinggi.  Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang ada
Tinggi, Tertinggi dibidang akademik.   Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
5
Pemaparan
Dominan deskriptif
Deskriptif dan Analitis
Dominan analitis
6
Model Analisis
Rendah – sedang
Sedang – tinggi
Tinggi
7
Jumlah rumusan masalah
Sekitar 1-2
Minimal 3
Lebih dari 3
8
Metode / Uji statistik
Biasanya  memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll
Biasanya memakai uji Kualitatif  lanjut  /  regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis,  ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEM
Sama dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
9
Jenjang Pembimbing/ Penguji
Minimal Magister
Minimal Doktor dan Magister yang berpengalaman
Minimal Profesor dan Doktor  yang berpengalaman
10
Orisinalitas penelitian
Bisa replika penelitian orang lain, tempat kasus berbeda
Mengutamakan orisinalitas
Harus orisinil
11
Penemuan hal-hal yang baru
Tidak harus
Diutamakan
Diharuskan
12
Publikasi hasil penelitian
Kampus Internal dan disarankan nasional
Minimal Nasional
Nasional dan Internasional
13
Jumlah rujukan / daftar pustaka
Minimal 20
Minimal 40
Minimal 60
14
Metode / Program statistik yang biasa digunakan
Kualitatif / Manual, Excel, SPSS dll
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll





0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com