Perbedaan
Umum antara Skripsi, Tesis dan Disertasi
Pengertian skripsi menurut Ndraha (1998)
skripsi merupakan laporan pekerjaan lapangan dan membaca buku-buku untuk
membentuk konsep baru yang meliputi fakta serta mengembangkan hipotesis antara variabel-variabel
yang dijabarkan konsep tersebut.
Sedangkan pengertian tesis (thesis) menurut
Ndraha (1998) tesis merupakan laporan yang sama seperti skripsi akan tetapi
bertujuan untuk membangun teori baru atau mengembangkan teori lama.
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi
akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan.
Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan
penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin
Ilmu.
Karakteristik Disertasi
1. Berfokus pada kajian
mengenai salah satu disiplin Ilmu Pendidikan sesuai dengan bidang yang
dipelajari.
2. Kajian berfokus pada
penemuan baru dalam disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam.
3. Mengunakan data
primer sebagai data utama, ditunjang oleh data sekunder apabila diperlukan.
4. Ditulis dalam bahasa
Indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing.
Contoh skripsi :
ABSTRAKSI
Herman.11101801
Perancangan
Website Sistem Informasi Lalu Lintas Kota Depok.
Jurnal
skripsi. Fakultas Ilmu Komputer. Jurusan Sistem Informasi, 2005.
Kata kunci :
Website, Sistem Informasi ,PHP, Kemacetan.
Perancangan website sistem informasi lalu lintas kota
Depok ini dibuat dengan menggunakan software PHP dan Dreamveawer dan bertujuan
untuk
memberikan
informasi kepada para petugas lalu lintas dan pengguna jalan mengenai ruas
jalan kota Depok terutama ruas jalan Margonda Raya yang mengalami kemacetan
pada hari dan jam tertentu.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka
dan pengumpulan data dari Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) kota Depok.
Penulisan ini menjelaskan bahwa informasi yang disampaikan dapat diakses
melalui media internet dalam bentuk peta dan basis data. Website sistem
informasi lalu lintas kota Depok ini memberikan tampilan informasi yang cepat
dan akurat mengenai ruas jalan kota Depok yang mengalami kemacetan terutama
jalan Margonda Raya berdasarkan tingkat kejenuhan jalan. Dan diharapkan dapat
membantu para petugas lalu lintas dan pengguna jalan untuk mengambil keputusan
dalam mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas dan jalur alternatif lain yang
dapat dilewati
Contoh Tesis :
ABSTRAK
Elly Yuswarini: Upaya Peningkatan Keterampilan
Berbicara Siswa Kelas X TI1 SMK Negeri
I Nglipar dengan Multimedia. Tesis. Yogyakarta:
Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
berbicara siswa SMK Negeri I Nglipar yang diupayakan dengan menggunakan
multimedia untuk menyajikan model bahasa penutur asli dalam pembelajaran bahasa
Inggris.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif dan
partisipatif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. langkah masing-masing siklus
meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai peserta adalah
siswa kelas X TI 1 SMK Negeri I Nglipar tahun ajaran 2007/2008, dan guru
pengajar bahasa Inggris di kelas XII sebagai kolaborator. Data diperoleh
melalui observasi, wawancara, teknik rekaman, angket dan tes. Keabsahan data
diupayakan dengan triangulasi. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara
deskriptif dengan menghitung persentase hasil tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan
multimedia dalam menyajikan model bahasa penutur asli dapat membuat: (1) proses
pembelajaran berbicara meningkat, yang ditandai oleh meningkatnya rasa percaya
diri, suasana segar dan rileks, motivasi belajar, dan keberanian siswa untuk
mempraktikkan bahasa Inggris dalam komunikasi interaktif sesuai tema; (2)
keterampilan berbicara siswa meningkat, dibuktikan oleh meningkatnya kemampuan
untuk menyampaikan pesan sederhana sehari-hari dalam kelas, dan didukung
meningkatnya hasil tes keterampilan berbicara dari nilai rata-rata 43,38
(siklus 1), 51,19 (siklus 2), dan 65,52 (siklus 3).
Contoh
Disertasi :
INTENSITAS ZIKIR, RELIGIUSITAS, MAKNA HIDUP DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING
SANTRI SPIRITUAL TAREKAT NAQSABANDIYAH KHOLIDIYAH
Penulis
Saliyo
Pembimbing: Prof. Drs, Koentjoro MBSc, PhD; Drs.Subandi, MA, PhD
ABSTRACT : Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pendidikan spiritual tarekat
Naqsabandiyah Kholidiyah dan pengaruh intensitas zikir yang dilaksanakan oleh
santri spiritual tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah terhadap subjective well
being dengan memperhatikan variabel religiusitas dan makna hidup. Penelitian
ini menggunakan desain mixed methods explanatori sekuensial. Subjek penelitian
adalah pengikut tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah usia dewasa dan telah
mengikuti selama dua tahun sebanyak 204 orang. Data yang diperoleh dianalisis
dengan analisis regresi berganda linier untuk menguji peranan intensitas zikir,
religiusitas, makna hidup dan subjective well being. Untuk mendapatkan
pemahaman yang lebih mendalam tentang kehidupan santri spiritual ini, maka peneliti
melakukan wawancara dengan 5 orang subjek anggota tarekat dan
ditambah informan kerabat subjek. Hasil
analisis regresi berganda linear menunjukkan ada pengaruh secara bersama-sama
dan mandiri antara intensitas zikir, religiusitas dan makna hidup terhadap
subjective well being. Dari analisis selanjutnya diketahui bahwa makna hidup
sebagai variabel mediator antara intensitas zikir, religiusitas terhadap
subjective well being sesuai dengan pola model yang telah terbentuk berdasarkan
teori. Data kualitatif yang ditemukan berkaitan dengan pendidikan spiritual
dari tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah menunjukkan bahwa tarekat ini secara
kognitif menekankan pengetahuan akhlak tasawuf, dan keutamaan berzikir. Aspek
afektif menekankan kesabaran, rendah hati dan bersikap mulia. Aspek
psikomotorik menekankan perilaku memperbanyak zikir, berpuasa sunah, sholat
sunah, selalu terikat dengan wajah mursyid (robithoh) dan berakhlak mulia.
Selanjutnya dari data analisis kualitatif terhadap 5 orang subjek menunjukkan
bahwa amalan zikir tarekat memiliki dampak terhadap kesejahteraan psikologis.
Tabel
Perbedaan Umum antara Skripsi, Tesis dan Disertasi
|
No
|
Aspek
|
Skripsi
|
Tesis
|
Disertasi
|
|
1
|
Jenjang
|
S1
|
S2
|
S3 (tertinggi)
|
|
2
|
Permasalahan
|
Di angkat dari pengalaman empiric
dan tidak mendalam
|
Diangkat dari pengalaman empirik
dan teoritik, bersifat mendalam
|
Diangkat dari kajian teoritik yang
didukung fakta empiric yang bersifat sangat mendalam
|
|
3
|
Kemandirian penulis
|
60% peran penulis, 40% pembimbing
|
80% peran penulis, 20% pembimbing
|
90% peran penulis, 10% pembimbing
|
|
4
|
Bobot Ilmiah
|
Rendah – sedang
|
Sedang – tinggi. Pendalaman
/ pengembangan terhadap teori dan penelitian yang ada
|
Tinggi, Tertinggi dibidang
akademik. Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam
bidang ilmu pengetahuan
|
|
5
|
Pemaparan
|
Dominan deskriptif
|
Deskriptif dan Analitis
|
Dominan analitis
|
|
6
|
Model Analisis
|
Rendah – sedang
|
Sedang – tinggi
|
Tinggi
|
|
7
|
Jumlah rumusan masalah
|
Sekitar 1-2
|
Minimal 3
|
Lebih dari 3
|
|
8
|
Metode / Uji statistik
|
Biasanya memakai uji
Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak),
atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji
hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda,
Uji Chi Square, dll
|
Biasanya memakai uji
Kualitatif lanjut / regresi ganda, atau korelasi ganda,
mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan
simultan, regresi logistic, Log linier analisis, ekonometrika static
& dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEM
|
Sama dengan tesis dengan metode
lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru
dalam bidang ilmu pengetahuan
|
|
9
|
Jenjang Pembimbing/ Penguji
|
Minimal Magister
|
Minimal Doktor dan Magister yang
berpengalaman
|
Minimal Profesor dan Doktor
yang berpengalaman
|
|
10
|
Orisinalitas penelitian
|
Bisa replika penelitian orang
lain, tempat kasus berbeda
|
Mengutamakan orisinalitas
|
Harus orisinil
|
|
11
|
Penemuan hal-hal yang baru
|
Tidak harus
|
Diutamakan
|
Diharuskan
|
|
12
|
Publikasi hasil penelitian
|
Kampus Internal dan disarankan
nasional
|
Minimal Nasional
|
Nasional dan Internasional
|
|
13
|
Jumlah rujukan / daftar pustaka
|
Minimal 20
|
Minimal 40
|
Minimal 60
|
|
14
|
Metode / Program statistik yang
biasa digunakan
|
Kualitatif / Manual, Excel, SPSS
dll
|
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview,
Lisrel, Amos dll
|
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview,
Lisrel, Amos dll
|

0 komentar:
Posting Komentar